selamat datang ke blog ardi

ok

Kamis, 29 April 2010

MENDIKNAS JAMIN SISWA IKUT UN ULANGAN BISA DAFTAR PTN

Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas RI) menjamin siswa yang tidak lulus Ujian Nasional (UN) Utama dan terpaksa harus mengikuti Ujian Nasional (UN) masih bisa mengikuti tes ujian masuk perguruan tinggi negeri karena sebelumnya UN Utama telah dimajukan dari yang biasanya dilaksanakan bulan April menjadi pertengahan Maret 2010.

“Jadi siswa yang tidak lulus UN Utama dan harus mengikuti UN Ulangan pada 10-14 Mei 2010 masih bisa mengikuti tes masuk perguruan tinggi negeri,” kata Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh ketika melakukan kunjungan ke SMA Negeri 15 Jakarta Utara, Kamis (29/4) untuk memberikan dukungan semangat kepada siswa yang tidak lulsu UN Utama di SMA terbaik se Jakarta Utara itu.
Menurut Mendiknas, masih sangat terbuka bagi siswa yang tidak lulus UN Utama mengikuti Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Berdasarkan pengumuman situs www.snmptn.ac.id, ujian tulis SNMPTN 2010 akan dilaksanakan Rabu, 16 Juni 2010 (ujian tes potensi akademik dan tes bidang studi dasar), Kamis, 17 Juni 2010 (ujian tes bidang studi IPA dan tes bidang studi IPS).
Kemudian ujian dan tes keterampilan dilaksanakan Jumat dan Sabtu (18 dan 19 Juni 2010), sedangkan pengumuman hasil ujian SNMPTN dapat langsung diakses pada Sabtu, 17 Juli 2010.
Pendaftaran SNPTN 2010 dapat dilakukan secara online melalui internet dari manapun mulai 2 Mei 2010 hingga 31 Mei 2010, dan pendaftaran susulan secara online dibuka kembali pada 10-12 Juni 2010 bagi lulusan SMA/MA/SMK/MAK yang mengikuti UN Ulangan.
Biaya pendaftaran SNMPTN 2010 sebesar Rp 150.000 untuk kelompok ujian IPA/IPS, dan Rp 175.000 untuk kelompok ujian IPC.
Menurut Mendiknas M. Nuh, siswa yang tidak lulus UN utama harus tetap bersemangat dan menyiapkan diri ikut UN Ulangan, dan tidak perlu khawatir tidak bisa mengikuti SNMPTN 2010.
“Perguruan tinggi negeri di mana pun sudah mengetahui bahwa UN tahun ini ada dua babak, jadi para siswa tidak perlu khawatir berlebihan,” katanya.
Mendiknas juga mengatakan, jika siswa kembali gagal di UN Ulangan, para siswa bisa mengikuti program paket C, yang statusnya juga setara dengan lulus UN serta bisa digunakan untuk masuk perguruan tinggi negeri.
Rektor Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Prof Dr Bedjo Sujanto mengatakan bahwa UNJ masih bisa menerima siswa yang ingin mendaftar di penerimaan masuk mandiri UNJ.
“Sesuai jadwal masih bisa menerima pendaftaran,” katanya ketika dihubungi melalui telepon.Namun ia tidak bisa memastikan jadwal SNMPTN apakah masih bisa mengakomodasi peserta yang baru mengikuti UN Ulangan. “Kami akan rapat untuk memastikan kepastian waktu pengumuman UN Ulangan,” katanya.
Bedjo juga menjelaskan, siswa yang sudah mendaftar lewat jalur Penelusuran Minat dan Bakat (PMDK) di UNJ mencapai 200 orang, yang mengikuti beasiswa Bidik Misi sebanyak 300 siswa, sedangkan porsi melalui SNMPTN, katanya, diperkirakan sekitar 2.000 orang.
mudah2an bermanfaat mengenai informasi ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar